Senin, 17 Februari 2020

Langkah Menggunakan Alat Perlindungan Pernapasan (Respirator) yang Pas



Respirator atau lebih diketahui dengan panggilan masker adalah alat yang digunakan untuk perlindungan pernafasan akan udara yang terkontaminasi. Arti masker sebetulnya kurang pas dipakai untuk resonator, karena biasanya masker dipakai membuat perlindungan lingkungan pada kerancuan dari pengguna masker, misalnya pekerja industri makanan, mereka menggunakan masker mempunyai tujuan membuat perlindungan makanan agar tidak terkontaminasi air liur mereka, atau contoh yang lain adalah suster di rumah sakit, suster menggunakan masker mempunyai tujuan membuat perlindungan pasien dari kerancuan dokter atau suster tersebut ditambah arti masker kurang pas adalah karena masker tidak bugar ke muka hingga tidak bisa dipakai membuat perlindungan si pemakai. Selain itu respirator bugar ke muka hingga bisa membuat perlindungan pemakai dari kerancuan lingkungan. sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Respirator terdiri jadi 4 tipe, yakni:

Powered Air-Purifying Respirator (PAPR).
Nonpower Air Purifying Respirator (NAPR).
Self Contained Breathing Apparatus (SCBA).
Supplied-Air Respirator (SAR).

Di bawah ini langkah memakai alat pelindung pernapasan secara benar.

Sebelum dipakai, yakinkan jika respirator dan elemennya dalam keadaan baik, katup aliran pembuangan pernafasannya telah pada tempatnya.
Gunakanlah respirator dengan menggenggam sisi depan dengan satu tangan dan tangan yang satunya menggenggam tali respirator ke atas kepala.
Setelah itu letakkanlah tali sisi atas dengan menumpangkannya di atas kepala, hingga tali sisi atas ada di atas telinga dan tali sisi bawah ada dibawah telinga.
Kaitkanlah tali bawah di belakang leher lantas mengencangkan hingga cocok dari muka dan nyaman.
Demikian pula dengan tali sisi atas. Mengencangkan dengan menarik tali di ke-2 bagian sampai respirator betul-betul tutupi hidung, jangan begitu kencang karena akan menyebabkan hidung tertekan.
Kencangkanlah tali bawah dengan menarik tali di ke-2 bagian, sampai respirator benar – benar cocok tutupi pipi.
Sebelum lakukan pekerjaan, seharusnya uji resonator terlebih dulu dengan berikut:

Periksalah desakan negatifnya yakni dengan tutup ke-2 filter memakai telapak tangan, selanjutnya tarik nafas dan tahan sepanjang 5 detik. Jika udara di luar terhalang masuk dan tidak ada udara bocor itu bermakna respirator cocok dan terpasang secara benar.
Periksalah desakan positifnya yakni dengan tutup katup aliran pembuangan memakai telapak tangan, jika respirator mengembung dan tidak bocor itu bermakna respirator terpasang secara benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar