Minggu, 17 November 2019

K3 : KESELAMATAN serta KESEHATAN KERJA



K3 adalah singkatan dari Keselamatan serta Kesehatan Kerja. Untuk lebih mengerti mengenai K3 di bawah ini kita akan mengulas pemahaman, tujuan serta arah dari K3 (di kumpulkan dari beberapa sumber). model sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Pemahaman K3
Pemahaman dengan Filosofis
K3 adalah satu pertimbangan atau usaha untuk jamin kesatuan serta kesempurnaan baik jasmani atau rohani, tenaga kerja pada terutamanya serta warga biasanya pada hasil karya serta budaya ke arah warga adil serta makmur.
Pemahaman dengan Keilmuan
Dalam ilmu dan pengetahuan serta aplikasinya, K3 ialah usaha menahan peluang berlangsungnya kecelakaan kerja, penyakit karena kerja, kebakaran, peledakan serta pencemaran lingkungan.
Pemahaman dengan OHSAS 18001:2007 (Occupational Health and Safety Assessment Series)
K3 ialah semua keadaan serta unsur yang bisa berefek pada keselamatan serta kesehatan kerja dari tenaga kerja atau orang lain (kontraktor, penyuplai, pengunjung serta tamu) dalam tempat kerja.


Arah K3
K3 mempunyai tujuan untuk membuat tempat kerja yang aman, sehat serta bebas dari pencemaran lingkungan dengan pelihara serta membuat perlindungan kesehatan, keamanan serta keselamatan tenaga kerja hingga bisa menahan atau kurangi berlangsungnya kecelakaan serta penyakit karena kerja, serta selanjutnya bisa tingkatkan skema efisiensi serta produktivitas kerja.

Target K3
Jamin keselamatan pekerja serta orang lain
Jamin keamanan perlengkapan yang dipakai
Jamin proses produksi yang aman serta lancar
Etika K3
Etika yang perlu dimengerti dalam K3:

Ketentuan terkait dengan keselamatan serta kesehatan kerja
Diaplikasikan membuat perlindungan tenaga kerja
Risiko kecelakaan serta penyakit karena kerja


Fundamen Hukum K3
K3 dipastikan berdasar Undang-Undang serta Ketentuan Menteri Tenaga Kerja:

UU No.1 tahun 1970
UU No.21 tahun 2003
UU No.13 tahun 2003
Ketentuan Menteri Tenaga Kerja RI No.PER-5/MEN/1996
Type Bahaya Dalam K3
Bahaya Type Kimia
Bahaya karena terhirupnya atau berlangsungnya kontak di antara manusia dengan bahan kimia beresiko. Contoh type kimia: abu tersisa pembakaran bahan kimia, uap bahan kimia serta gas bahan kimia.
Bahaya Type Fisika
Bahaya karena satu temperatur udara yang begitu panas atau begitu dingin dan kondisi udara yang tidak normal yang mengakibatkan berlangsungnya pergantian atau alami suhu badan yang tidak normal.
Bahaya karena kondisi yang benar-benar berisik yang mengakibatkan berlangsung kehancuran pendengaran.
Bahaya Type Project/Pekerjaan
Bahaya karena pencahayaan atau penerangan yang kurang mengakibatkan kehancuran pandangan.
Bahaya dari pengangkutan barang dan pemakaian perlengkapan yang kurang komplet serta aman yang menyebabkan luka pada pekerja serta orang lain.


Arti Bahaya dalam Lingkungan Kerja
Hazard ialah satu kondisi yang sangat mungkin / bisa memunculkan kecelakaan, penyakit, kehancuran atau menghalangi potensi pekerja yang ada
Danger ialah tingkat bahaya akan satu keadaan yang telah tunjukkan kesempatan bahaya hingga menyebabkan satu aksi mencegah.
Risk ialah perkiraan tingkat keparahan jika berlangsung bahaya dalam siklus tersendiri.
Incident ialah timbulnya insiden bahaya yang bisa atau sudah membuat kontak dengan sumber daya yang melewati tingkat batas normal.
Accident ialah insiden bahaya yang dibarengi terdapatnya korban serta/atau kerugian baik manusian atau benda.

Standard Keselamatan Kerja
Standard keselamatan kerja adalah penyelamatan jadi aksi keselamatan kerja misalnya:

Perlindungan tubuh yang mencakup semua tubuh
Perlindungan mesin
Penyelamatan listrik yang perlu dicek dengan periodik
Penyelamatan ruang, mencakup skema alarm, alat pemadam kebakaran, penerangan yang cukup, ventilasi yang baik serta jalan evakuasi spesial yang ideal

Alat Pelindung Diri (APD)
APD adalah peralatan harus yang dipakai waktu kerja sesuai dengan bahaya serta risiko kerja untuk jaga keselamatan pekerja serta orang di sekelilingnya. Alat pelindung diri mencakup:

Alat Pelindung Kepala
Safety Helmet atau helm pelindung membuat perlindungan kepala dari beberapa benda yang bisa melukai kepala.
Safety Goggles atau kacamata penyelamatan membuat perlindungan mata dari paparan partikel yang melayang-layang di udara, percikan benda kecil, benda panas atau uap panas.
Hearing Protection atau penutup telinga membuat perlindungan dari keributan atau desakan.
Safety Mask atau masker yang berperan jadi alat pelindung pernapasan waktu ada di ruang yang kualitas udaranya tidak baik.
Face Shield atau pelindung muka membuat perlindungan muka dari paparan bahan kimia, percikan benda kecil, benda panas atau uap panas, bentrokan atau pukulan benda keras serta tajam.
Alat Pelindung Badan
Apron atau celemek membuat perlindungan badan dari percikan bahan kimia serta suhu panas.
Safety Vest atau rompi keselamatan kerja yang mempunyai tujuan untuk menahan berlangsungnya kontak atau kecelakaan.
Safety Clothing atau alat pelindung badan membuat perlindungan dari beberapa hal yang membahayakan waktu kerja, kurangi risiko terluka dan dipakai jadi jati diri pekerja.
Alat Pelindung Anggota Badan
Safety Gloves atau sarung tangan yang berperan membuat perlindungan jari-jari serta tangan dari api, suhu panas, suhu dingin, radiasi, bahan kimia, arus listrik, bahan kimia, bentrokan, pukulan, serta guratan benda tajam.
Safety Belt atau sabuk pengaman yang digunakan waktu memakai alat transportasi dan untuk batasi ruangan gerak pekerja supaya tidak terjatuh.
Safety Boot/Shoes ialah sepatu boot atau sepatu pelindung membuat perlindungan kaki dari bentrokan, tertimpa benda berat, tertusuk benda tajam, terserang cairan panas atau dingin, uap panas, bahan kimia beresiko atau permukaan licin.


Demikian beberapa yang butuh kita tahu mengenai K3 ini. Lewat budaya Keselamatan serta Kesehatan Kerja (K3) menggerakkan terbentuknya bangsa yang berkarakter (topik K3 Nasional tahun 2018).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar