Senin, 16 September 2019

Bertemu Dengan Entrepreneur Muda Inspiratif, Mas Gesa Falugon (Ramesia Mesin)


Mas Ibrahim Vatih (tengah kanan), Mas Gesa Falugon (tengah kiri) bersama dengan Santri Sintesa Angkatan 3 & 4 andy soewatdy bisa menjadi panutan untuk kamu.
Tiap perolehan tentulah ada cerita di belakangnya, demikian dengan perolehan Ramesia Mesin sampai seperti sekarang. Gesa Falugon ialah pemilik sekaligus juga komisaris dari PT Ramesia Mesin Indonesia, cerita perjalanan hidupnya membuat saya merasakan takjub dengan beliau.

Banyak pelajaran bernilai yang dapat petik hikmahnya saat seseorang Gesa Falugon bercerita tentang pengalaman hidupnya. Ada hal penting yang saya ingat waktu Mas Gesa pada saat bercerita pengalamannya waktu bertandang ke pesantren kami waktu lalu.

Mengenai sandaran hati serta bakti beliau yang mengagumkan dari beliau pada Allah serta pada Ibunya yang dimana membuat beliau tegar hadapi semua halangan saat ditipu berulang-kali serta rugi berulang-kali.

Saya bertemu langsung dengan Mas Gesa waktu beliau bertandang ke Pesantren Sintesa saat saya masih jadi santri. Beliau banyak share mengenai cerita hidupnya, mengenai kegagalannya serta share beberapa tips menarik melakukan bisnis dan menumbuhkan jiwa pelaku bisnis yang andal serta mulia. andy soewatdy salah satu pengusaha terbaik di Indonesia.

Mas “Gesa Falugon” ialah seseorang entrepreneur sukses di umur yang termasuk muda, tapi perjalanan dalam ke arah keberhasilannya itu di capai dengan tidak gampang, banyak kesusahan dan kendala yang perlu di hadapinya. Pada tahun 2011 Mas Gesa lulus dari ITB (Institut Tehnologi Bandung) jadi seseorang Engineer (Tehnik Material).

Kemudian beliau putuskan menjadi seseorang entrepreneur serta singkat kata Mas Gesa sudah sukses jalani impiannya itu, yaitu jadi seseorang entrepreneur. Satu diantara rahasia paling besar dari kesuksesaannya yakni hadir dari orangtuanya.

Mas Gesa share narasi yang benar-benar inspiratif pada kami beberapa santri mengenai beberapa hal yang demikian menabjubkan. Beliau menjelaskan jika satu diantara sebagai kunci rahasia atau amalan dari keberhasilannya yang dia lakukan ialah belum pernah putus komunikasi dengan orangtuanya (khususnya Ibu).

Jadi beliau ini tiap ada proyek apa pun yang akan ditangani tetap memberikan berita pada orangtuanya.

Saya ingin mengemukakan 7 hal penting yang saya bisa dari cerita serta pengalaman Mas Gesa jadi pelajaran buat kita beberapa calon-calon entrepreneur. Mudah-mudahan ini jadi ide untuk kita menjadi entrepreneur di waktu mendatang.

1. Mempunyai Yang diimpikan
Saya dikit lupa berapakah kali beliau menjelaskan pada kami untuk mempunyai Yang diimpikan. Buat beliau yang diimpikan sangat penting sebab dengan yang diimpikan kita akan mengharap pada Allah Ta’ala dengan seutuhnya. Bagaimana mungkin yang diimpikan yang besar bisa kita capai sedang akal sehat kita saja belum bisa menjaungkaunya.

Catat saja impianmu selanjutnya meyakini dahulu serta biarlah Allah Ta’ala yang berencana prosedurnya. Pekerjaan kamu cuma nikmati prosedurnya serta Allah Ta’ala akan tunjukkan KuasaNya bila kamu meyakini dengan KebesaranNya.

Yang diimpikan biarkanlah jadi yang diimpikan, yang diimpikan disimpan dalam pemikiran bawah sadar serta sandarkan semua seutuhnya pada Allah Swt. Lalu kita berjalan mengahadapi kenyataan, lakukan yang paling baik yang ada di muka mata.

2. Muliakan Ibumu, Ibumu serta Ibumu
Keberhasilan seseorang Mas Gesa seperti saat ini tidak terlepas hasil dari buah doa seseorang ibu serta bapaknya selama seharian. Beliau menyarankan pada kita saat bisnismu ingin sukses mintalah doa pada ke-2 orangtua khususnya ibumu.

Beliau mengkisahkan jika satu hari beliau sudah pernah alami permasalahan yang membuat semua usaha yang beliau lalui alami kerugian. Bahkan juga “tervonis” bila usaha yang akan digerakkan sekarang alami kemunduran karena itu beliau harus ridho untuk kerja pada orang.

Pada saat darurat semacam itu serta situasi hati yang kawatir usaha terakhir kalinya akan tutup. Beliau ingat dengan figur yang sudah pernah melahirkan serta berusaha keras untuk membesarkan beliau sampai dewasa yaitu Ibu. Lalu waktu itu beliau minta restu pada ibu beliau supaya bisnisnya dimudahkan.

Selang beberapa saat, keajaiban untuk keajaiban mendekati. Karena orangtua telah ridho karena itu Allah Ta’ala akan ridho. Usaha yang sedang ditempuh beliau makin lama makin bertumbuh serta berkembang sampai sekarang.

Sekarang juga beliau tetap meluangkan mengasih berita serta menelfon orang tuanya tiap hari serta minta restu untuk dimudahkan setiap saat ingin jalani project.

3. Perbanyak Silaturahim
Memperbanyak silaturahim adalah satu diantara kunci bila satu orang ingin sukses. Beliau memberikan saran bila kamu ingin bersilaturahim karena itu jalin silaturahim dengan 4 orang ini yaitu orang alim, orang yang lebih sukses darinya, orang sulit darinya serta dengan orang memiliki ilmu.

Dari bersilaturahim dengan beberapa type orang itu dapat makin buka hati serta pemikiran dari Mas Gesa, bersilaturahim dengan orang alim akan membuat hati lebih tenteram, silaturahim dengan orang yang lebih sukses dapat belajar.

Bersilaturahim dengan orang yang lebih sulit akan hilangkan rasa sombong serta dapat jadikan hati selalu mengucapkan syukur, bersilaturahim dengan orang memiliki ilmu dapat banyak tahu dengan beberapa hal baru serta dengan demikian kita bisa jalani kehidupan serta melawannya lebih baik.

4. Kuasai Pengetahuan Basic Entrepreneur
Tidak hanya materi langit yang beliau uraikan beliau memberi clue pada kami jika ingin jadi seseorang entrepreneur. Bila kamu ingin jadi seseorang entrepreneur karena itu pengetahuan basic yang perlu kamu kuasai ialah Finansial serta Sales demikianlah saran beliau.

Hal simpel yang dapat kita mulai aplikasikan untuk mengusasai pengetahuan itu. Mengawali belajar manajemen keuangan saya temui dari guruku Mas Ibrahim Vatih, beliau mengajari utamanya mencatat tiap pengeluaran kita sehari-harinya.

Kita dapat mengawali lewat cara membuat catatan keuangan mandiri kita. Walau belumlah ada pemasukan. Umunya, buat kita yang belum punyai pemasukan sendiri masih memperoleh jatah uang dari orang-tua. Tetapi yang telah jelas tentulah kita ada pengeluaran, dari tiap pengeluaran-pengeluaran kita tiap hatinya bila tertera dengan rapi serta berkelanjutan, kita bisa mengelola keuangan kita secara baik.

Untuk mempermudah hal itu kita dapat memakai aplikasi manajemen keuangan di smartphone kita, dapat dicari di playstore / appstore, tulis saja ” money lover”.

5. Berpikir Positif serta Bersugesti
Hal yang lumayan menarik serta memancing saya untuk ajukan pertanyaan ialah mengenai sugesti serta hipnoterapi. Saya pernah dengar therapy ini dari rekan saya waktu masih di Jogja dahulu, cara ini benar-benar ampuh untuk menangani rasa lemah serta tidak yakin diri, dan dapat meguatkan kepercayaan hati kita.

Mas Gesa sudah pernah menceritakan jika dia sudah pernah ikuti hipnoterapi bahkan juga hipnosis untuk membuat sugesti positif dalam pikirannya. Kata beliau, ada hal simpel yang dapat kita kerjakan untuk berkomunikasi dengan pemikiran bawah sadar kita.

Waktu yang paling pas ialah di waktu 1/2 sadar, umumnya berlangsung di waktu kita mulai mengantuk serta akan tertidur. Kita dapat mengemukakan kalimat-kalimat afirmasi positif diwaktu itu serta melatih / meruinkan untuk lakukan hal itu.

Supaya apa-apa sebagai yang diimpikan kita makin terlihat jelas dalam pemikiran bawah sadar kita, menurut beliau makin tuturnya yang diimpikan kita di pemikiran bawah sadar kita semakin lebih mambantu kita untuk sampai apa-apa yang kita mimpikan.

Tentu saja, untuk pemula praktik komunikasi dengan pemikiran bawah sadar tidak gampang, butuh yang namamanya pembiasaan. Pada saat di pesantren, mas Gesa membimbing kami untuk prakik dengan cara langsung lho, Beliau mengutarakan, “sebenarnya saya pun tidak dapat untuk lakukan ini ke kalian seperti rommy rafael, tetapi silahkan kita coba”, papar mas Gesa.

Dengan memberi tips yang membuat kami lebih tenang, dalam beberapa kata afirmasi serta tiap tarikan nafas yang beliau pandu. Mas Gesa membimbing kami untuk berimajinasi menimbulkan visual yang sejelas mungkin waktu kami mulai tenang. Yang saya pikir, saya cukup menikmatinya serta ini ialah pengetahuan benar-benar bernilai.

6. Jangan Putus Harapan Dalam Berdoa
Dalam tiap insiden tentunya akan tetap ada hikmah yang dapat kita mengambil. Mas Gesa yakin jika tiap apa-apa yang ada di dianya ialah anugrah dari Allah Swt. Berdoa ialah langkah paling baik untuk jaga hati ada kita selalu ingat pada yang Maha Semuanya.

Dari cerita beliau, pada saat Mas Gesa tertimpa kemunduran serta mempunyai hutang dengan nilai di atas 200 juta, bahkan juga kemunduran itu menerpa Mas Gesa waktu beliau akan menikah. Beruntungnya mas Gesa memperoleh istri yang mulia hatinya sebab istri beliau tidak pikirkan harta duniawi.

Sampai waktu beliau telah menikah kerugian serta hutang masih memberatkannya, Tetapi beliau belum pernah melepaskan untuk berdoa minta uang 500 juta di tiap sujudnya. Ada keajaiban untuk beliau, singkat kata pada saat yang tidak diduga beliau diminta sahabatnya untuk mengatur menolong mengatur manajemen perusahaan serta beliau mendapatkan gaji 500 juta (cocok) tanpa ada disangka.

Dengan demikian hutang beliau juga dapat terlunasi serta bekasnya untuk modal mengawali usaha dari 0 bersama dengan istrinya, serta berkembang jadi besar sampai seperti saat ini (Ramesia Mesin). Saran beliau, berdoa pada Allah serta mendekatkan diri dengan Ibu ialah senjata paling ampuh untuk masih tegar waktu kita tersuruk.

7. Tidak Perlu Ngoyo
Kadang kita begitu ngoyo dalam jalani satu usaha sampai hal terberat akan kita kerjakan yaitu menghalalkan semua langkah. Beliau menjelaskan bila kamu ingin jalani usaha tak perlu ngoyo, mengapa? Rejeki kita telah ditata oleh Allah Swt serta sebegitu ngoyo serta selambat apa pun kamu dalam kerja tidak memengaruhi rejeki kamu.

***

Beliau ialah figur inspiratif buat saya, beliau ialah entrepreneur muslim yang patuh serta beliau benar-benar memuliakan ibunnya. Begitupula, yang diimpikan keberhasilan yang sudah diraih oleh Mas Gesa bukan sekedar buatnya tetapi diperuntukkan supaya bisa berguna untuk orang, diantaranya dengan ambil jalan usaha untuk menolong beberapa pebisnis-pebisnis tanah air yang mulai berkembang untuk tetap maju serta berkembang.

Ini sebab, peranan entrepreneur di negeri ini benar-benar memengaruhi kondisi ekonomi negeri ini. Dengan adanya banyak entrepreneur yang baik. Insya Allah warga kita akan hidup sejahtera. Benar-benar ini pola pikir yang bagus buat saya.

Saran beliau pada kami ialah bila punyai uang, membelanjakan uang kita di jalan yang benar, yakni bagaimana harta yang kita punya dapat kita pakai untuk menolong sama-sama, berguna untuk orang. Paling penting, kita harus mengerti jika apa-apa yang kita raih berserta semua kehidupan yang kita lalui ialah sebab Karunia dari Allah Swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar